Minggu, 26 Oktober 2014

Tugas Softskill 2 Sistem Informasi Manajemen

1.      Sebut dan jelaskan langkah pendekatan sistem !

2.      Berikan contoh sebuah sistem pakar atau expert system !

3.      Sebutkan beberapa sifat pengolahan data yang membedakan dengan area aplikasi lain !

Jawab :

1.      Pendekatan Sistem merupakan Serangkaian langkah-langkah pemecahan masalah yang memastikan bahwa masalah dipahami, solusi alternative dipertimbangkan dan solusi yang dipilih bekerja.

 

Langkah Pendekatan Sistem :

                                I.            Usaha Persiapan

Mempersiapkan manajer untuk memecahkan masalah = menyediakan orientasi sistem. Langkah :

·         Memandang perusahaan sebagai suatu sistem = menggunakan model sistem umum perusahaan.

·         Mengenali sistem lingkungan = menempatkan perusahaan sebagai suatu sistem dalam lingkungannya.

·         Mengidentifikasi subsistem perusahaan = subsistem sebagai bentuk area-area fungsional, tingkat-tingkat manajemen sebagai subsitem, arus sumber daya sebagai dasar membagi perusahaan menjadi subsistem.

·          

                              II.            Usaha Definisi

·         Identifikasi masalah : Suatu masalah ada atau akan ada.

·         Pemahaman masalah : mempelajari untuk mencari solusi

·         Pemicu masalah : sinyal umpan balik yang menunjukkan hal-hal lebih baik atau buruk. Langkah :

a)      Bergerak dari tingkat sistem ke subsistem : Tiap tingkatan manajemen adalah suatu subsistem.

Yang dilakukan oleh seorang manajer : mempelajari posisi sistem dihubungkan dengan lingkungan, menganalisis sistem menurut subsistem-subsistem.

b)      Menganalisis bagian sistem dalam urutan tertentu. Pada saat mempelajari tiap tingkat system, elemen-elemen sistem dianalisis secara berurutan :

ü  Mengevalusai standar : Standar harus sah, realistic, dimengerti, terukur.

ü  Membandingkan output sistem dengan standar

ü  Mengevaluasi Manajemen

ü  Mengevaluasi pemrosesan Informasi

ü  Mengevaluasi input dan sumber daya input

ü  Mengevaluasi proses tranformasi

ü  Mengevaluasi sumber daya output

 

 

                            III.            Usaha Solusi

·         Mengidentifikasi solusi alternative

·         Manajer harus mengidentifikasi bermacam-macam cara untuk memecahkan permasalahan yang sama. Contoh : computer tidak dapat menangani volume aktifitas kegiatan perusahaan, alternatifnya : menambah computer, mengganti computer, mengganti dengan jarinagan computer.

·         Mengevaluasi solusi alternative : mempertimbangkan kerugian dan keuntungan dari setiap alternative

·         Memilih solusi terbaik : mengambil satu alternative

·         Menerapkan solusi terbaik

·         Membuat tindak lanjut untuk memastikan bahwa solusi itu efektif : Manajer harus memastikan solusi mencapai kinerja yang direncanakan.

 

2.      Pengertian dari Sistem Pakar (Expert System)

Sistem pakar (expert system) adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilaukan oleh para ahli. Sistem pakar yang baik dirancang agar dapat menyelesaikan suatu permasalahan tertentu dnegan meniru kerja dari para ahli. Dengan sistem pakar, orang awam pun dapat meyelesaikan masalah yang cukup rumit yang sebenarnya hanya dapat diselesaikan dengan bantuan para ahli. Bagi para ahli, sistem pakar juga akan membantu aktivitasnya sebagai asisten yang sangat berpengalaman. Sistem pakar dikembangkan pertama kali pada tahun 1960.

 

Salah satu contoh dari Sistem Pakar yang terkenal adalah XCON & XSEL :

XCON

·         Merupakan sistem pakar untuk membantu konfigurasi sistem komputer besar, membantu melayani order langganan sistem komputer DEC VAX 11/780 ke dalam sistem spesifikasi final yang lengkap

·         Komputer besar seperti VAX terbuat dari ratudan komponen yang berbeda digabung dan disesuaikan dengan konfigurasi tertentu yang diinginkan oleh para pelanggan.

·         Ada ribuan cara dimana aseosri Pcboard, kabel, disk drive, periperal, perangkat lunak, dan lainnya bisa dirakit ke dalam konfigurasi yang sangat rapih. Untuk mengidentifikasi hal-hal tersebut diperlukan waktu berhari-hari/berminggu-minggu agar bisa memenuhi spesifikasi yang diinginkan pemesan, tapi dengan XCON bisa dalam beberapa menit.

 

XSEL

·         Dirancang untuk membantu karyawan bagian penjualan dalam memilih komponen istem VAX. Karena banyaknya pilihan karyawan tersebut sering menghadapi kesulitan dalam memilih suatu komponen yang paling tepat.

·         Basis pengetahuan yang ada pada XSEL membantu mengarahkan para pemesan serius untuk memilih konfigurasi yang dikehendaki, kemudian XSEL memilih CPU, memori, periperal dan menyarankan paket software tertentu yang paling tepat dengan konfigurasinya.

 

3.      Selama beberapa tahun telah dugunakan empat jenis pengolahan data :

a.      system manual. System pertama adalah manual system ini hanya terdiri atas orang, pulpen, pensil, dan buku besar (ledger) untuk membuka entri. Buku besar menggambarkan record dari operasi perusahaan.

b.      Mesin keydriven, penemuan mesin ini seperti cas register, mesin ketik dan kalkulator meja meringankan tugas pengurusan data yang besar.

c.       Mesin punched card, dengan cara yang sama sejumlah organisasi yang besar mencatat transaksi mereka dalam benituk punched card (kartu berlubang) dan menggunakan mesin puched card pemeliharaan dan pengolahan file yang penting.

d.      Computer. Sekarang, semua organisasi yang besar dan sebagian besar organisasi yang lebih kecil mengandalkan computer untuk melakukan mayoritas pengolahan data mereka.

 

Sifat pengolahan data :

a.      Menjalankan tugas yang penting

b.      Mengikuti prosedur standart secara relatif

c.       Mendapatkan data yang lengkap

d.      Mempunyai fokus historis yang paling utama.

 

Referensi :

1.      http://juventus4ever.wordpress.com/2011/11/26/sistem-pengolahan-data/

2.      http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/sisteminformasimanajemen/bab8_sistem_pengolahan_data.pdf

3.      http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_pakar

4.      http://herriyance.trigunadharma.ac.id/wp-content/uploads/2012/06/Bab4_AI.pdf

5.      http://www.smecda.com/e-book/SIM/Simbab7.pdf

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar