Sabtu, 10 Januari 2015

Tugas Softskill 4 Sistem Informasi Manajemen

1.      Sebutkan dan jelaskan Properti yang memberikan keamanan untuk sebuah system !
·         Integritas Fungsional : kemampuan untuk melanjutkan operasi jika salah satu atau lebih komponen tidak berfungsi
·         Audibilitas (Kemampuan dapat terdengar) : mudah untuk diperikasa, diverifikasi atau didemonstrasikan penampilannya berarti harus lulus dalam pengujian Accountability & Visibility
·         Daya kontrol : penghambatan pengaruh terhadapa system yaitu dengan membagi system menjadi subsistem yang menangani transaksi secara terpisah

2.      Komputer yang ada dalam jaringan memberikan peluang resiko keamanan yang lebih besar dari pada computer yang ada di dalam suatu ruangan. Sebut dan jelaskan area control untuk komunikasi data !

Area kontrol ini terdiri dari :
·         Kontrol pengiriman pesan
·         Kontrol saluran (channel) komunikasi 
·         Kontrol penerimaan pesan
·         Rencana pengamanan datacom secara menyeluruh 


3.      Prototype dapat memberikan ide bagi pembuat dan pemakai potensial tentang cara system berfungsi dalam bentuk lengkapnya. Proses akan menghasilkan prototype (prototyping). Sebut dan jelaskan jenis-jenis prototype !
·         Jenis I : Suatu Sistem yang akan menjadi sistem operasional
·         Jenis II : Suatu model yang dapat dibuang yang berfungsi sebagai cetak biru bagi sistem operasional.

4.      Sebut dan jelaskan sumber daya informasi perusahaan !
1.      HARDWARE (PERANGKAT KERAS)
Hardware merupakan element dari sistem komputer. Merupakan perangkat yang dapat lihat dan dapat sentuh secara fisik, seperti perangkat masukan, perangkat pemroses, maupun perangkat keluaran.
Contoh dari hardware misalnya : CPU, monitor, mouse, printer, dan lain-lain.

2.      SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK)
Merupakan sekumpulan perintah yang dijalankan (atau dieskusi) oleh komputer. Program komputer ini terdiri dari susunan logika untuk menjalankan suatu pekerjaan tertentu di komputer. Melibatkan berbagai komponen dalam computer, seperti system operasi, program, dan data yang disimpan atau dibaca. Logika yang ada dalam perangkat lunak tersebut disusun sedemikian rupa sehingga computer dapat memahami dan menjalankan instruksi yang terkandung didalamnya.
Perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda tapi bisa mengoperasikannya.

3.      SPESIALIS INFORMASI
Spesialisasi informasi (information specialist) untuk mengambarkan pegawai perusahaan yang sepenuh waktu bertanggung jawab mengembangkan dan memelihara system berbasis komputer.

4.      PEMAKAI (MANUSIA)
End user sinonim dengan pemakai, ia menggunakan produk akhir suatu sistem berbasis komputer. Jadi, end-user computing (EUC) adalah pengembangan seluruh atau sebagian sistem berbasis komputer oleh para pemakai.
End-user computing berkembang karena empat pengaruh utama, yaitu :
a.      Meningkatnya pengetahuan tentang computer
b.      Antrian jasa informasi
c.       Perangkat keras yang murah
d.      Perangkat lunak jadi

5.      FASILITAS (MESIN)
Fasilitas merupakan sumber daya untuk menyimpan dan mendukung sisem informasi, contohnya teknologi informasi. Dengan menggunakan fasilitas yang ada untuk menyimpan dan mendukung sumber daya tersebut.

6.      DATABASE
Basis data (database) adalah kumpulan dari berbagai data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Basis data tersimpan di perangkat keras, serta dimanipulasi dengan menggunakan perangkat lunak. Pendefinisian basis data meliputi spesifikasi dari tipe data, struktur dan batasan dari data atau informasi yang akan disimpan. Database merupakan salah satu komponen yang penting dalam sistem informasi, karena merupakan basis dalam menyediakan informasi pada para pengguna atau user.

7.      INFORMASI
Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya. Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan yang nyata.


5.      Sebut dan jelaskan 6 tahap dasar untuk mencapai Manajemen Mutu !
1.      Kenali Pemakai SI
2.      Tentukan kebutuhan mutu pemakai
3.      Buat ukuran mutu
4.      Tentukan strategi mutu SI
5.      Terapkan Program Mutu SI
6.      Pantau kriteria Mutu SI

Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar